Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Paket Freedom U dari Indosat IM3 Ooredoo

freedom u

Selama ini, saya cukup puas dengan layanan paket data internet dari Indosat, khususnya paket yang Freedom U. Oleh sebab itu, saya ingin berbagi pengalaman dalam menggunakannya, barang kali ada yang penasaran.

Tidak bisa dipungkiri kalau saat ini internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, khususnya internet seluler di smartphone. Kegunaannya pun beragam, mulai dari untuk WhatsApp, Facebook, YouTube, belanja online, ngegame dan lain sebagainya.

Agar bisa tetap hemat, sebagai pelanggan kartu IM3 dari Indosat Ooredoo yang ingin berhemat namun banyak maunya, saya memutuskan untuk memilih paket internet yang paling cocok dengan kebutuhan tersebut, yaitu Freedom U. Sebelumnya, paket ini dinamakan Unlimited.

Alasan lainnya menggunakan Freedom U adalah karena ada fitur internet-an sepuasnya untuk banyak aplikasi yang sering saya gunakan sehari-hari, misalnya Facebook, WhatsApp, Instagram, dan YouTube.

Lebih lanjut lagi, pilihan paket di Freedom U sangat variatif, mulai dari paket harian, mingguan dan bulanan dengan pilihan harga dan kelebihan yang beragam. Kalau saya, langganannya yang paket bulanan seharga Rp60.000 yang diberi nama Freedom U 3GB + 15GB Apps. Artinya apa tuh? Yuk baca sampai habis ya!

Kelebihan Freedom U


Layanan internet yang akan didapatkan pelanggan dari Freedom U ini, yaitu kuota utama, kuota unlimited, SMS sepuasnya, Pulsa Safe, dan Data Rollover.

Keterangan dari layanan tersebut bisa kamu baca di bawah ini.

  • Kuota utama merupakan kuota yang digunakan untuk penggunaan internet secara umum. Internetan di browser, main mobile game seperti Free Fire, Mobile Legends: Bang Bang, kirim email, download film, dan lainnya, yang digunakan adalah kuota yang ini.

    Di paket yang saya gunakan, masa berlakunya selama 30 hari dan kuota utamanya adalah 3GB.

  • Kuota unlimited atau aplikasi adalah kuota yang khusus digunakan untuk membuka atau menjalankan aplikasi yang sudah ditetapkan (aplikasi sehari-hari) oleh IM3 Ooredoo, antara lain Facebook, WhatsApp, Instagram, Messenger, Twitter, YouTube, Spotify, Joox, LINE, Gojek, dan Grab.

    Jadi, layanan inilah yang menjadi daya tarik utama untuk Freedom U.

    Perbedaannya dengan kuota utama, jika pengguna membuka aplikasi sehari-hari tersebut maka akan yang digunakan lebih dulu adalah kuota unlimited ini. Setelah habis, barulah bakal menggunakan kuota utama. Atau, jika kita buka aplikasi selain dari yang sudah ditetapkan maka kuota yang terpakai adalah yang utama.

    Di paket yang saya beli, kuota unlimited yang didapat adalah sebesar 15GB. Kalau dulu, pengguna bisa melihat angka sisa kuota aplikasi melalui aplikasi MyIM3. Namun, sekarang sudah tidak bisa lagi, tetapi pengguna masih bisa melihat sisanya dalam bentuk garis parameter.

    Jadi, arti dari Freedom U 3GB + 15GB adalah kuota utama 3GB dan kuota unlimited 15GB. Angka pertama adalah kuota utama, sedangkan angka kedua adalah kuota unlimited.

    Perlu dicatat bawah setiap paket punya aplikasi unggulannya sendiri. Makin mahal paketnya maka semakin lengkap juga aplikasi sehari-harinya.

    Di bawah ini adalah detailnya.

    harga paket freedom u

    harga freedom u

    Misalnya begini, untuk mendapatkan akses unlimited ke YouTube, kamu harus berlangganan yang paket 2 hari Rp5.000, paket 7 hari Rp15.000 atau paket 30 hari mulai dari Rp60.000 (Instagram juga mulai dari paket yang ini). Sementara itu, jika ingin unlimited di TikTok, ambil paket yang Rp80.000.

    Apabila kamu doyan shopping di e-commerce, seperti Shopee, Tokopedia, Traveloka atau Bukalapak, sebaiknya langganan paket minimal yang Rp80.000 karena di paket tersebutlah keempat e-commerce favorit itu masuk dalam daftar unlimited.

    Yang paling top sih paket yang Rp150.000. Di paket tersebut, tidak ada lagi pembagian kuota utama dan kuota unlimited karena kuota sebesar 60GB bisa digunakan untuk segala aktivitas internetan.

  • SMS sepuasnya, tapi khusus untuk sesama pengguna IM3 Ooredoo. Jika melakukan SMS ke nomor dari operator lain tetap dipotong pulsa.

  • Pulsa Safe, berfungsi untuk menjaga pulsa pengguna supaya tidak kepotong setelah kuota utama habis. Kecepatan internet dalam keadaan Pulsa Safe adalah hingga 64Kbps.

    Namun, perlu banget dicatat bahwa Pulsa Safe tidak akan aktif setelah masa berlaku Freedom U berakhir. Jadi, kalau tetap internetan setelah masa berlaku paket habis, maka pulsa akan tetap terpotong dengan deras, sengaja ataupun tidak.

    Jadi, kalau sudah dekat masa tenggang paket habis, pastikan pulsa yang tersedia cukup untuk melakukan perpanjangan otomatis.

    Kadang, saya lupa isi pulsa setiap kali masa berlaku Freedom U akan berakhir, padahal sudah ada notifikasi melalui SMS dan peringatan di aplikasi myIM3. Maklum saja, males banget buka SMS, isinya penawaran kredit dan hutang terus. Nah, giliran ada info penting malah terlewatkan donk.

    Pernah terjadi begini, kuota utama habis total sehingga cuma bisa buka aplikasi yang menggunakan kuota unlimited. Karena ada fitur ini maka saya masih bisa tetap browsing walaupun agak lemot. Harus sabar aja, hehe.
     
  • Data Rollover, layanan ini akan menggabungkan kuota yang tersisa dari bulan lalu ke bulan terbaru, baik itu kuota utama dan kuota aplikasi, secara terpisah. Jadi, antara kuota utama dan unlimited tidak disatukan.

    Sayangnya kalau pelanggan lupa memperpanjang paket Freedom U hingga waktu jatuh temponya maka semua Data Rollover akan hangus. Rasanya, kesal banget apabila saya lupa perpanjang paket karena pernah nih kehilangan kuota unlimited sekitar 50GB. Itu terjadi karena lupa isi pulsa ketika hari seharunya perpanjang paket internet secara otomatis.

    Saran saya, untuk mencegah terjadinya "kerugian", ketika paket mendekati jatuh tempo, sangat direkomendasikan agar segera mengisi pulsa. Minimal sejumlah biaya paket yang dipakai.

Kecepatan Internet


Oke, sekarang masuk ke pengetesan. Untuk menguji kecepatan paket ini, saya menggunakan aplikasi Speedtest by Oakla. Kartu SIM yang digunakan sudah upgrade ke 4G LTE, dulu hanya 3G. Lokasi pengujian, yaitu di tempat saya bekerja yang berlokasi di Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Pengetesan dilakukan sebanyak lima kali untuk mengetahui stabilitas serta kemungkinan kecepatan paling tinggi atau terendahnya.

Kecepatan download dan upload-nya di bawah ini.

Kecepatan internet Freedom U IM3 Speedtest by Oakla

Berdasarkan pengujian di atas, dapat disimpulkan bahwa kecepatan download tertinggi mampu mencapai hingga 7,82Mbps sedangkan yang terendah 3,88Mpps. Sementara itu, kecepatan upload paling tinggi adalah 5,61Mbps dengan titik yang terendah berada di angka 2,77Mbps.

Hasil tersebut pastinya bisa saja berbeda bagi pengguna lain, karena output-nya sangat tergantung dari kondisi lingkungan, hujan, keberadaan bangunan tinggi di sekitar hingga susah sinyal juga bisa menjadi faktor yang menentukan.

Selama ini, sinyal internet dari Indosat ini sudah cukup memuaskan untuk saya, khususnya pada daerah Rempoa (Tangerang Selatan), kantor sekitar perumahan Green Ville (Jakarta Barat), dan wilayah Jabodetabek lainnya.

Meskipun begitu, ada saatnya juga sih koneksinya jadi parah banget, tapi jarang terjadi kepada saya. Namun, sekalinya terjadi sih ngeselin juga.

***

Bagi saya, Freedom U adalah paket kuota internet yang pas banget untuk pengguna yang rajin menggunakan aplikasi seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Atau, untuk yang suka nonton YouTube atau dengar lagu dari Spotify.

Well, itulah sedikit mengenai review Freedom U berdasarkan pengalaman saya bertahun-tahun jadi pengguna. Jika punya pertanyaan atau pengalaman tentang paket internet seluler ini, tuliskan saja pada kolom komentar, ya!

Posting Komentar untuk "Review Paket Freedom U dari Indosat IM3 Ooredoo"