Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Fakta Alexa Rank untuk Blogger Pemula

alexa

Tips menaikkan ranking Alexa.


Materi ini saya buat berdasarkan guide yang diberikan Alexa di website dan merangkumnya dengan bahasa yang lebih sederhana agar lebih mudah dipahami. Oleh karena itu, informasi yang disajikan di sini harus sih valid.

Beberapa digital marketer masih menggunakan rangking Alexa sebagai acuan untuk menentukan website atau blog mana yang cocok untuk promosi produk atau jasa dari mitra kerjanya.

Jadi, tidak heran jika para blogger bersemangat untuk menemukan cara menaikkan ranking Alexa blog yang dikelola demi mendapatkan kepercayaan pembaca. Tujuannya akhirnya, jelas, untuk mendapatkan profit dalam bentuk uang, Rupiah atau Dolar.

Semoga bagi para pemula yang baru memasuki dunia blogging dan SEO, tips ini bisa menjadi referensi yang berguna untuk belajar.

Sebelum kita membahas lebih lanjut, ada baiknya mengetahui dulu tentang Alexa terlebih dahulu.

1. Cara Alexa Memberikan Rank


Alexa Rank adalah perkiraan kasar popularitas suatu situs dibandingkan dengan situs lain.

Perlu dicatat bahwa penghitungan peringkat tersebut sangat relatif karena pengukuran tidak hanya dari traffic tetapi juga perubahan ranking Alexa website yang lain juga.

Cara Alexa mendapatkan data website atau blog itu bagaimana? Alexa memiliki panel data yang super besar dari jutaan pengguna internet di seluruh dunia. Berdasarkan sampel data, Alexa memperkirakan jumlah pengunjung ke semua website.

Perhitungan Alexa Rank nyatanya sangat rumit, termasuk memperbaiki kesalahan data seperti mengidentifikasi dan menghapus traffic palsu dari spam maupun bot.

Setiap hari, Alexa memperkirakan jumlah rata-rata pengunjung harian dan view untuk semua website selama tiga bulan terakhir.

Website dengan pengunjung dan view terbanyak dalam tiga bulan akan menempati peringkat #1 Alexa. Sedangkan, situs dengan kombinasi sampel data terendah bakal menempati peringkat sekitar 30 jutaan ke bawah. Namun, apabila tidak ada yang mengunjunginya sama sekali selama tiga bulan, maka tidak akan mendapat peringkat.

Untuk mendapatkan peringkat Alexa yang lebih baik, maka kamu harus mengetahui dasar-dasar taktik Alexa terlebih dahulu.

2. Buat Konten Original dan Berkualitas


Cara paling ideal untuk menaikkan rangking Alexa adalah dengan membuat konten orisinal dan pastinya menarik serta mengupdate konten secara berkala agar lebih bernilai bagi pembaca. Nah, konten yang menyimpang dari motivasi tersebut tidak akan membangun komunitas pembaca yang setia.

Ketika pembaca menemukan website dengan konten yang lebih lengkap, mendalam dan informatif, mereka akan tertarik pada lebih banyak konten dan membagikannya dengan teman-teman di media sosial, yang secara tidak langsung akan menarik pembaca baru.

Konten berkualitas tinggi juga akan mendapatkan penghargaan dari mesin pencari, seperti Google, Bing, dan lainnya.

4. Membangun External Link


Temukan lebih banyak situs dengan niche yang sama dengan kamu untuk ditautkan ke website yang dikelola melalui inbound link atau dikenal juga dengan istilah external link.

Strategi ini akan membantu search engine dalam menentukan niche website dengan lebih jelas serta meningkatkan kepercayaan dan kualitas situs kamu juga.

Sebagai contoh, apabila website kamu punya niche olahraga, maka akan lebih bagus jika inbound link-nya juga dari website lain yang membahas tentang olahraga.

Bisa dibilang, menyematkan link dari website yang punya reputasi tinggi akan memberikan pengaruh pada peningkatan kredibilitas website. Pastinya, taktik ini harus didukung juga dengan konten original yang menarik. Sebab, percuma saja mengajak pengunjung untuk datang, kalau konten website kamu kurang menarik.

Sebaiknya, berusahalah menjadi yang pertama atau sumber berita agar lebih banyak website dengan Alexa Rank tinggi memberikan inbound link-nya ke website kamu.

5. Manfaatkan Internal Link


Disisi lain, internal link merupakan tautan yang berasal dari website kamu sendiri. Makanya disebut begitu.

Internal link sangat berguna karena dapat memandu pengunjung di website untuk menemukan pembahasan yang berkaitan dan menarik lainnya. Link jenis ini berkontribusi sebagai sub-link yang muncul di bawah laman utama pada search engine.

Jadi, selalu pastikan untuk membuat konten original dengan kualitas terbaik supaya sejalan dengan strategi internal link sehingga tidak terkesan memaksakan materi.

Pada ujungnya, inbound daninternal link akan membantu search engine untuk mengerti konten yang diupload ke website dan menentukan penilaian dari para pembaca.

Terlepas dari itu, ada catatan yang wajib diketahui mengenai strategi dalam membangun link ini, yaitu gunakan link dengan tepat. Sebab, penggunaan link yang berlebihan malah bisa mengurangi kredibilitas website atau kenyamanan membaca pengunjung. Bahkan, bisa kena sanksi oleh Google, seperti website tidak muncul dalam hasil pencarian. Wah, bahaya tuh!

5. Riset Keyword


Selanjutnya, lakukan riset keyword atau kata kunci dari website saingan yang punya traffic tinggi, lalu optimalkan keyword tersebut di website kamu (lebih lengkap dan mendalam). Atau, alternatifnya adalah beli kampanye PPC untuk keyword tersebut.

Dengan melakukan riset keyword, kamu bisa lebih memahami apa dan bagaimana yang banyak dicari oleh pengguna internet.

Pahami strategi pemasaran website pesaing, kemudian catat apa saja yang bekerja untuk kamu. Ada alasan mengapa menganalisa persaingan ini menjadi sangat penting, namun singkatnya, analisis kompetitif akan menempatkan website kamu ke dalam cakupan yang lebih jelas.

Dengan begitu, memberi pemahaman yang lebih detail tentang data-data yang penting, strategi yang bekerja untuk kamu dan pesaing sekaligus, dan memungkinkan untuk mengidentifikasi sekaligus mengantisipasi tren pada industri.

Semua analisa tersebut akan membantu mendefinisikan garis besar strategi kamu dalam membuat keputusan yang lebih bijaksana yang secara positif akan mempengaruhi posisi website kamu di pasar, dalam hal ini adalah Alexa Rank.

***

Well, sebelum menutup, saya ingin berpesan bahwa tidak perlu juga untuk memeriksa Alexa setiap hari. Cukup periksa per minggu, bulan atau bahkan tiga bulan sekali saja. Sisanya, fokus dalam membuat konten, riset keyword, dan membangun link karena itu jauh lebih penting!

Oke, demikianlah pembahasan saya mengenai fakta sekaligus cara meningkatkan rank Alexa untuk blogger pemula. Jika ingin bertanya, memberikan saran atau hanya sekadar berbagi pengalaman, silakan tulis di kolom komentar ya!

Posting Komentar untuk "5 Fakta Alexa Rank untuk Blogger Pemula"