Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lengan Besi, 7 Juara Dunia Panco yang Wajib Diketahui Pemula

Armwrestling atau panco merupakan  salah satu olahraga adu kuat yang sangat populer di dunia, termasuk juga di Indonesia.

Jika dibandingkan dengan sepak bola dan badminton, nyatanya panco masih kalah populer. Meski begitu, panco sangat mudah dilakukan. Yang penting ada meja, kita sudah bisa melakukan adu panco.

Meski kurang populer, panco punya komunitas penggemar juga. Beberapa komunitas dibentuk untuk menyatukan para penggemar olahraga yang mengandalkan kekuatan serta ketahanan lengan tangan ini.

Nah, bagi penggemar armwrestling, setidaknya harus tahu nih beberapa tokoh dunianya.

Sebelum membaca lebih lanjut, atlet panco top dunia pada pembahasan ini adalah yang terbaik dan beberapa sudah pensiun. Meski begitu, semoga bisa menjadi inspirasi dan pemacu semangat dalam menjalani panco sebagai hobi atau yang lebih serius lagi.

Let's go bahas atlet panco yang punya lengan sekeras besi di bawah ini.

1. Sarah Backman


sarah backman muscle

Wah, jarang banget lho atlet panco perempuan, apalagi yang berparas cantik seperti si mbak yang satu ini. Dipadukan dengan postur atletis yang aduhai, jelas idaman para pria banget. Prestasinya antara lain, 8 kali juara dunia panco wanita, 8 kali juara Eropa dan 11 kali juara nasional.

Wanita kelahiran Swedia, 8 Desember 1991 ini start karir sebagai atlet panco di umur 14 tahun. Backman sudah pensiun dari dunia panco profesional, tepatnya Mei 2013, dan melanjutkan karir pada dunia gulat di WWE NXT.

Kamu bisa melihat latihan dan aktivitas Backman di channel YouTube pribadinya.


3. Michael Todd


Michael Todd

Atlet asal Amerika kelahiran 12 JUni 1973  ini punya prestasi yang gemilang, salah satunya adalah berhasil mengalahkan Devon Larrat dengan teknik King's Move dalam pertandingan resmi. Kemenangan tersebut cukup kontroversial sehingga memunculkan opini kalau dirinya melakukan kecurangan. Namun, ketika bertanding dengan Denis Cyplenkov, ternyata power Todd ternyata asli sangat kuat. Sehingga, keraguan tersebut jadi sirna.

4. John Brzenk


John Berzenk

Jika dibandingkan dengan atlet panco profesional generasi baru, mungkin kekuatan pria kelahiran Amerika, 15 Juli 1964 ini tidak sedemikian mendominasi. Namun, di zamannya, Berzenk adalah yang paling disegani.

Asal kamu tahu saja, nama Berzenk terdapat dalam buku rekor dunia Guiness sebagai Greatest Arm Wrestler of All Time. Selain itu, Ia juga dianggap sebagai atlet panco terbaik dunia pada zamannya.

2. Devon Larrat


Devon Larrat

Pria kelahiran Ottawa, Kanada pada 24 April 1975 ini adalah salah satu yang terbaik di industrinya. Atlet yang dijuluki No Limit ini sering menjuarai kompetisi panco, khususnya pada ajang World Armwrestling League (WAL) kategori Heavyweight.

Larrat sering memberikan tips berlatih panco di channel YouTube miliknya.


5. Denis Cyplenkov


Denis Cyplenkov

Sosok yang memiliki penampilan seperti Hulk ini punya jari-jari tangan yang sangat besar, bahkan lebih dari ukuran manusia umumnya. Pria kelahiran Krivoy Rog, Ukraina pada 10 Maret 1982 ini merupakan monster di olahraga panco dunia. Atas kerja kerasnya, Denis berhasil menjadi juara Ukraian dan Eropa.

Denis sempat bertanding dengan Devon Larrat pada 2019 dalam acara Arm Wrestling Vendetta ke-50. Acara tersebut sangat dinantikan oleh penggemar. Namun, Larrat terlalu meremehkan kekuatan Denis sehingga lahihannya kurang maksimal. Walhasil, kekuatan Sang No Limit justru tidak sanggup memberikan perlawanan.

6. Levan Saginashvili


Levan Saginashvili

Punya tubuh yang tinggi besar, pria kelahiran Georgia, 15 September 1988 ini dikenal dengan julukan Georgian Hulk. Armwrestler profesional ini punya kekuatan yang begitu besar dan tidak diragukan lagi. Tingginya 193 cm dan berat tubuhnya sekitar 170 kg.

7. James Anes


James Anes

Ini adalah juara panco Indonesia, James Harrison Anes. Pria dengan postur tubuh dan lengan yang besar ini ternyata adalah sosok di balik Mr. Algojo pada acara TV berjudul Gelar Panco Indosiar pada tahun 2003 silam. Selama penayangan acara bahkan hingga akhir, nampaknya tidak ada partisipan yang dapat mengalahkannya.

Atas ketangguhannya itu, Anes mencatat berprestasi di panggung panco internasional, mulai dari peringkat 16 dunia di Jepang 2005, peringkat 12 Asia Pasifik di Uzbekistan 2005,  peringkat 5 dunia di Amerika 2010, juara 2 dunia Kejuaraan Internasional tahun 2013 dan 2014 hingga meraih medali emas pada Super Match Kuala Lumpur 2013.

***

Well, itulah nama-nama atlet panco terbaik di dunia yang wajib diketahui bagi para penggemar olahraga gulat tangan.

Apabila ada rekomendasi atlet-atlet panco kelas nasional dan dunia yang menurut kamu pantas untuk masuk daftar ini, berikan pendapat pada kolom komentar, ya!

Posting Komentar untuk "Lengan Besi, 7 Juara Dunia Panco yang Wajib Diketahui Pemula"